Waringin Disiplin Bersih

Image

“Waringin majulah,, Waringin jayalah tak kan pernah mati di bumi pertiwi”

Kalimat di atas adalah salah satu lirik dari Mars SMP Waringin. Lirik di atas ingin dibuktikan bahwa SMP Waringin akan menjadi SMP yang maju. Hal ini terbukti dengan program – program yang dibuat oleh SMP Waringin. SMP Waringin adalah sebuah sekolah SMP yang berdiri di bawah yayasan Penyelenggaraan Illahi. Terletak di jalan Kebonjati 209 Bandung. SMP Waringin mempunyai moto COIS. Singkatan dari COIS adalah “Cerdas” “Otentik” ber”Iman” pada penyelenggaraan Illahi dan “Solider”. Pada Tahun 2010, SMP Waringin mempunyai program menjadi Go Green School. Kegiatan – Kegiatan untuk mendukung program Go Green School adalah:

–          Pembentukan Tim Green School

–          Bebas botol plastic sekali pakai

–          Bebas stereform

–         Pengurangan tissue

–          Memilah sampah

–          Pembiasaan budaya “5s”

–          Kawasan Bebas Rokok

–          Kantin Sehat & Kantin kejujuran

–          Penghijauan

–          Hemat listrik dan air

–          Penerapan LISA

–          Pembuatan poster lingkungan

Nah, sekarang pada tahun 2011 untuk mendukung program pada tahun 2010, SMP Waringin mempunyai program yaitu Waringin Disiplin Bersih. Maksudnya bila SMP Waringin ingin menjadi sekolah “Go Green” maka sebelumnya para murid harus diajak untuk disiplin bersih. Sehingga Waringin menjadi sekolah “ Go Green”. Ada beberapa kegiatan yang diulang dari kegiatan pada tahun 2010. Pewujudan program waringin disiplin bersih ini bisa dengan cara :

–          Memilah sampah menjadi sampah organic (basah), anorganik (plastic) dan kertas

–          Melakukan LISA. LISA singkatan dari Lihat Sampah Ambil

–          Bebas dari steroform. Diusahakan dalam mengerjakan tugas tidak menggunakan bahan yang susah untuk di daur ulang salah satunya steroform.

–          Bebas botol sekali pakai.

–          Membawa botol minum yang dapat diisi ulang

–          Melakukan piket untuk membersihkan kelas sesuai hari piketnya .

Tidak hanya sekedar kegiatan, tetapi sekolah juga harus memfasilitasi agar kegiatan tersebut dapat berjalan lancar. Salah satunya adalah sekolah menyediakan tempat untuk mengisi ulang air minum dengan harga Rp 1000,-/botol dengan cara ini para murid juga diajar untuk jujur. Sekolah juga menyediakan tempat sampah yang dibagi 3 yaitu tempat sampah kertas, plastic, dan basah. Masih ada banyak cara untuk mewujudkan Waringin Disiplin Bersih. Semoga saja harapan dari program – program yang dibuat oleh SMP Waringin bisa terwujud. Sehingga lirik dari Mars Waringin bisa diwujudkan. Bukan hanya sekedar lirik lagu.

“WARINGIN MAJULAH”

Leave a comment